Biaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank BPD Jateng Semarang (STIE Bank BPD) TA 2023/2024


Bersama ini kami Biayakuliah.kelas-karyawan.Com menyampaikan informasi tentang Biaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank BPD Jateng Semarang (STIE Bank BPD) TA 2023/2024, sebagai berikut:

SEJARAH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BANK BPD JATENG

STIE Bank BPD Jateng adalah perguruan tinggi swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Perguruan tinggi ini terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 88, Semarang  Saat ini STIE Bank BPD Jateng memiliki 2 jenjang program yaitu Program Sarjana (S1) dan Program Pascasarjana (S2). Untuk program S1 memiliki 2 jurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen serta untuk program S2 memiliki 1 jurusan yaitu Magister Manajemen. Didasarkan pada segenap upaya dan usaha kerja keras akhirnya berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank BPD Jateng berdasarkan SK Mendikbud No. 031/D/O/1996 tanggal 14 Juni 1996 tentang Pemberian Status Terdaftar pada Program Studi Akuntansi dan Manajemen.

Pertengahan tahun 1996 tepatnya pada bulan Juni merupakan awal bagi Yayasan Pendidikan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah menyumbangkan darma bakti kepada masyarakat untuk mencerdaskan bangsa melalui jalur pendidikan, yang bertujuan untuk turut serta membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkualitas berdasar kesadaran bahwa salah satu tiang penopang utama bagi kelanjutan program pembangunan yaitu peran sumber daya manusia yang handal. Dalam rangka itu, Yayasan Pendidikan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah mempunyai gagasan dasar untuk mengembangkan suatu program pendidikan berkeunggulan, sehingga daripadanya dapat dihasilkan tenaga – tenaga manajemen menengah dan menajemen atas dengan kemampuan profesional yang berkunggulan.

Dalam kerangka program berkeunggulan itu, Yayasan Pendidikan BPD Jateng, mengembangkan rencana pendidikan ini dengan didasarkan pada konsep keunggulan sebagai berikut:

  1. Pendidikan ini akan mengorientasikan mahasiswanya kepada pengembangan kemampuan akademik, tanpa menginggalkan pengembangan kemampuan profesionalnya dimasa yang akan datang, melalui pendekatan proses belajar mengajar yang seimbang antara lingkungan akademis dan lingkungan praktik. Oleh karena ini keunggulan khususnya Laboratorium Manajemen, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Bank Mini, serta Perpustakaan dengan pemutakhiran sumber belajar yang secara kontinu dilakukan.
  2. Program Studi utama yang dikembangkan dalam Sekolah Tinggi ini adalah bidang ilmu ekonomi dengan jurusan Manajemen, Akuntansi dan pada tahap beikutnya adalah jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. Keunggulan yang akan dikembangkan adalah dalam bidang pendalaman konsentrasi khususnya dalam jalur-jalur Manajemen ( Keuangan, Perbankan, Pemasaran dan bidang-bidang jalur yang dibutuhkan kemudian ) dan Akuntansi ( Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen serta bidang jalur yang dibutuhkan kemudian ), yang diramu dalam suatu proses manajemen untuk menghasilkan mutu lulusan yang memenuhi syarat akademis dan kemempuan profesional yang dibutuhkan oleh dunia usaha bisnis dan organisasi nirlaba yang ada dalam masyarakat.
  3. Proses belajar mengajar dilakukan dalam suatu proses yang selalu terpadu yang memungkinkan mahasiswa memperoleh nilai lebih added value dari proses pengembangan yang dilakukan. Untuk tujuan itu seluruh pemenuhan syarat perolehan SKS dilakukan dalam kampus melalui proses belajar yang terancang secara berkesinambungan dan terbimbing. Komponen SKS yang terdiri dari kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri dilakukan dalam program terbimbing dalam kampus dengan fasilitas oleh Dosen, Pembimbing Laboratorium dan Perpustakaan.
  4. Seluruh proses belajar mengajar dilakukan dan diselesaikan sedapat mungkin selama kegiatan belajar dalam kampus. Dengan demikian jam kontak kampus adalah dimulai sejak jam 07.00 s/d selesai, sepanjang minggu kuliah yang dimulai dari hari Senin hingga hari Jum’at.
  5. Untuk mengakomodasi tujuan yang digambarkan diatas, program pendidikan ini akan bekerja yang input dosen yang berkualitas unggul, dan karena itu suatu program seleksi yang ketat serta program pengembangan dosen yang terencana secara baik adalah tuntutan mutlak dari program ini.

BIAYA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BANK BPD JATENG SEMARANG (STIE BANK BPD) TA 2023/2024

  • Program Studi S1 – Akuntansi
  • Program Studi S1 – Manajemen
1. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
  • Gelombang 1 : Rp.   9.500.000,00
  • Gelombang 2 : Rp. 10.000.000,00
(SPI dibebankan sekali selama kuliah dan dapat diangsur selama 1 tahun, Untuk jalur masuk beasiswa prestasi mendapatkan potongan SPI sesuai jalur yang dipilih)
2. Uang Pangkal (UP) : Rp. 2.500.000,00
(Dibayarkan pada saat daftar ulang, sekali selama kuliah)
3. Uang Kemahasiswaan (UK) : Rp. 1.600.000,00
(Dibayarkan pada saat daftar ulang, sekali selama kuliah)
4. Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • UKT Semester 1 – 8 : Rp 4.500.000,00 /semester
  • UKT Semester 9 s.d. lulus : Rp 2.250.000,00 /semester
(Dibayarkan dalam tiga termin –  setiap awal semester, sebelum ujian tengah semester (UTS) dan sebelum ujian akhir semester (UAS), Untuk pendaftar jalur beasiswa mendapatkan potongan Rp. 1.500.000,00 pada semester 1)

Loading

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*