Pendaftaran Terbaru Universitas Islam As-Syafi’iyah TA 2024/2025


Bersama ini kami Biayakuliah.kelas-karyawan.com menyampaikan informasi tentang Pendaftaran Terbaru Universitas Islam As-Syafi’iyah TA 2024/2025, Sebagai berikut:

Sejarah Universitas Islam As-Syafi’iyah

Keberadaan AKPI As-Syafi’iyah pada awalnya didorong oleh dua hal. Pertama, hasrat untuk meningkatkan kualifikasi ilmiah para guru agama lulusan madrasah dan pesantren. Kedua, hasrat untuk mendidik cendekiawan agama yang memiliki integritas ilmiah dalam disiplin ilmu yang dipilihnya. Untuk mewujudkan hasrat itu K.H. Abdullah Syafi’ie mengumpulkan kawan-kawannya yang dinilai mampu mendukung terwujudnya Perguruan Tinggi yang akhirnya melahirkan kesepakatan mendirikan Yayasan Pendidikan Islam As-Syafi’iyah yang diharapkan akan mengelola Perguruan Tinggi tersebut.

Semula AKPI As-Syafi’iyah akan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1965 dengan Kuliah Perdana oleh Jenderal Dr. H. Abdul Haris Nasution. Namun, Jenderal A.H. Nasution cedera dalam peristiwa G.30 S/PKI. Maka kuliah perdana tidak dapat berlangsung. Akhirnya kuliah perdana diganti oleh Dr. Muhammad Hatta, salah seorang Proklamator Negara Republik Indonesia, yang dilaksanakan setelah salat Jumat di Masjid Al-Barkah dalam kompleks As-Syafi’iyah, pada tanggal 14 Nopember 1965.

Dalam perkembangannya, perkuliahan AKPI banyak terganggu oleh aktivitas mahasiswa berdemonstrasi. Namun eksistensi AKPI yang baru lahir itu dapat dipertahankan dan dijaga. Para dosen yang terlibat dalam perkuliahan antara lain K.H. Abdullah Syafi’ie, H. Abdullah Salim, K.H. Ali Assegaf, Syekh As-Sumbati Al-Mishri (Dosen Al-Azhar University yang diperbantukan), Drs. Abdul Salam Djaelani dan Drs. Nurulhuda yang bertindak sebagai pengelola.

Mahasiswa pertama yang terdaftar sebanyak 260 orang. Sebagian besar terdiri dari guru-guru agama dan pemuda-pemuda Islam lulusan madrasah dan pesantren yang tidak mempunyai ijazah formal. Pada tanggal 12 Maret 1968 didirikan Radio Dakwah yang bernama Radio AKPI As-Syafi’iyah (kini bernama Radio As-Syafi’iyah), yang kegiatannya banyak diisi oleh mahasiswa. Radio ini selain berfungsi sebagai media latihan bagi Mahasiswa, dalam meningkatkan ketrampilan dakwah, juga untuk mengumandangkan semangat perjuangan menegakkan keadilan kebenaran.

Pada periode ini bahkan sempat mengalami kefakuman yang berkepanjangan dan boleh dikatakan hanya Fakultas Dakwah yang masih punya aktivitas-aktivitas yaitu menampung lulusan yang berasal dari madrasah, pesantren, SMTA dan para karyawan (terutama guru dan karyawan Perguruan As-Syafi’iyah) dengan menggunakan gedung SMA As-Syafi’iyah di Bukit Duri. tersebut. Yayasan Pendidikan Islam As-Syafi’iyah tidak aktif lagi, sementara itu sudah pula lahir Yayasan Perguruan As- Syafi’iyah dengan pengurusnya K.H. Abdullah Syafi’ie, H. Tutty Alawiyah AS, H. Abdul Rasyid AS, Drs. Nurulhuda, H.M.Djaelani dan H. Zulfahmi Marjohan dan lain-lainnya yang membawahi lembaga-lembaga As-Syafi’iyah.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Islam As-Syafi’iyah TA 2024/2025

Syarat Administrasi Perkuliahan

  • Membayar Biaya Pendaftaran Rp.250.000,-
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Menyerahkan :
    • Fotocopy Ijazah (surat keterangan tanda kelulusan)
    • Fotocopy transkip nilai dan ijazah D3 dan S1- (untuk mahasiswa studi lanjut)
    • Pasfoto 3×4 dua lembar
    • Fotocopy Kartu Keluarga
    • Fotocopy KTP
    • NPWP (bagi yang telah memiliki)
    • Nilai Raport kelas XII

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

Semester Waktu
Pendaftaran dan Seleksi  Perkuliahan
Ganjil April – September September – Januari  (Reguler)
Oktober – Maret (P. Khusus)
Genap Januari – Maret Maret – Juli (Reguler)
April – September (P. Khusus)

Loading

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*